WISATA DESA KEPAKISAN

Curug Sirawe

Air terjun Sirawe merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Dusun Bitingan. Dengan ketinggian mencapai 80 meter, curug ini memberikan pemandangan yang menakjubkan bagi wisatawan yang mengunjunginya. Air terjunnya terlihat sangat unik dengan pohon-pohon liar yang dapat tumbuh subur di sekitarnya. Selain itu, air yang mengalir dari Air Terjun Sirawe juga bening dan menjadi putih ketika bertabrakan dengan bebatuan yang dilewati. Menurut keyakinan masyarakat setempat, Curug Sirawe sangat erat kaitannya dengan candi-candi Hindu Syiwa di Dieng. Konon, menurut legenda dan cerita rakyat yang dituturkan secara turun temurun, candi-candi di Dieng yang dibangun oleh raja-raja Dinasti Sanjaya (Abad Ke-18 dan 19), seperti Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, dan Candi Gatutkaca, itu menggunakan batu rawe dari Curug Sirawe. Batu rawe merupakan jenis batuan andesit yang umumnya dijadikan bangunan candi bangunan candi.

Toyabira

Pemandian air panas Toyabira merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di, Dusun Bitingan, Desa Kepakisan. Di wisata pemandian air panas Toyabira, pengunjung dapat bersantai dengan berendam di kolam air panas alami di tengah suhu dataran tinggi Dieng yang dingin. Pemandian air panas ini juga sudah dilengkapi fasilitas berupa kamar mandi, toliet, pusat informasi serta area parkir. Selain itu, untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, pemandian air panas Toyabira ini dipisahkan antara kolam laki-laki dan perempuan. Untuk mengunjungi situs pemandian air panas ini, pengunjung cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp5.000,00 (08.00-18.00) dan Rp10.000,00 (18.00-19.00). Harga ini tentu cukup terjangkau mengingat fasilitas, kenyamanan, dan pemandangan yang ditawarkan dari destinasi wisata ini.

Pemandian Segar Asri

Pemandian segar asri merupakan pemandian air panas yang terletak di Dusun Bitingan Desa Kepakisan berupa pemandian air panas yang berada pada area rooftop. Destinasi ini dilengkapi dengan faslitas yang menarik antara lain parkir, tempat sampah, toilet, kamar mandi, retail (cafe), wifi, pusat informasi, serta mushola. Pengunjung dapat bersantai di area cafe yang nyaman. Destinasi ini melayani pengunjung setiap hari dengan jam layanan pukul 08.00-20.00 WIB. Pengunjung cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp7.000,00. Harga ini tentu cukup terjangkau mengingat fasilitas, kenyamanan, dan pemandangan yang ditawarkan dari destinasi wisata ini.

Pemandian Air Panas Sipandu

Pemandian air panas Sendang Sipandu merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan. Situs wisata ini sudah dibuka sejak tahun 2017. Pemandian air panas ini dikelola oleh BUMDes “Amanah Cipta Mandiri” yang dibentuk sejak tahun 2015. Di situs wisata pemandian air panas Sendang Sipandu, pengunjung dapat bersantai dengan berendam di kolam air panas alami di tengah suhu dataran tinggi Dieng yang cukup dingin. Pemandian air panas ini juga sudah dilengkapi fasilitas berupa kamar mandi untuk pengunjung. Selain itu, untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, pemandian air panas Sendang Sipandu ini dipisahkan antara kolam laki-laki dan perempuan. Untuk mengunjungi situs pemandian air panas ini, pengunjung cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp5.000,00. Melayani dari hari senin hingga minggu dengan jam layanan pukul 08.00-18.00.

D’Qiano Waterpark

D’Qiano Waterpark merupakan salah satu sarana rekreasi keluarga yang terletak di Desa Kepakisan. D’Qiano Waterpark menjadi tempat yang menyajikan wahana air yang menyenangkan, khususnya bagi anak-anak. Selain wahana air dan permainan untuk anak-anak, D’Qiano juga menawarkan fasilitas pemandian air panas yang memanjakan pengunjung di tengah hawa dataran tinggi Dieng yang dingin.  Untuk mendapatkan pengalaman rekreasi yang menyenangkan ini, pengunjung dibandrol harga tiket masuk sebesar Rp25.000,00/orang.

Telaga Sewiwi

Telaga Sewiwi merupakan danau yang terletak di desa Kepakisan, kecamatan Batur, Dataran Tinggi Dieng kabupaten Banjarnegara. Dinamakan Telaga Sewiwi karena bentuk telaga yang mirip sayap membentang atau “Sewiwi” dalam bahasa jawa. Kawasan Telaga Sewiwi berdekatan dengan sumur PLTU PT. Geo Dipa Energi, Gunung Nagasari dan kawah Sileri. Kawasan ini berukuran cukup kecil dan belum lama dibuka menjadi objek wisata.

Rute dari area Kompleks Candi Arjuna menuju ke arah barat melewati Jalan Raya Dieng-Batur. Sebelum tiba di lokasi telaga akan melewati salah satu instalasi PLTU PT. Geo Dipa Energi Dieng di sebelah kanan jalan. Objek wisata danau ini berdekatan dengan objek wisata lain, misalnya Kawah Candradimuka, Sumur Jalatunda, Curug Sirawe, Telaga Merdada, dan D’Qiano Hot Spring. Pemandangan Telaga Sewiwi Dieng terbilang asri. Tanaman eceng gondok dan sejenisnya tumbuh subur di tepian telaga.

Kawasan Telaga Sewiwi ini juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti gazebo untuk beristirahat ataupun hunting foto, masjid, dan kamar mandi serta deretan warung yang menjajakan berbagai makanan. Pengunjung dapat menikmati wisata alam telaga sewiwi sembari menaiki wahana sepeda air dengan tarif Rp. 20.000,-/sepeda air. Adapun ketika memasuki objek wisata telaga sewiwi pengunjung tidak dikenakan tiket masuk.